5 Dampak Buruk Kesehatan Bila Makan Larut Malam


Makan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh orang-orang setiap harinya. Artikel kesehatan mengungkapkan bahwa makan memiliki banyak manfaat. Misalnya membuat perut menjadi kenyang, memberikan energi, memberikan nutrisi-nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Namun, tahukah anda? jika makan pada waktu larut malam memiliki beberapa dampak buruk bagi tubuh anda.

Makan pada waktu larut malam adalah hal buruk yang harus segera anda hentikan. Manusia biasanya makan 3 kali dalam satu hari, yaitu pada pagi hari (sarapan), makan siang, dan makan malam. Namun, dengan segala kesibukan atau dengan alasan lainnya, seseorang biasanya menunda-nunda jam makannya. Sehingga orang tersebut akan terbiasa untuk makan pada saat larut malam. Berikut adalah dampak buruk makan terlalu larut malam bagi kesehatan anda.

  • Obesitas

Waktu ideal yang dapat anda gunakan untuk makan adalah sebelum pukul tujuh malam. Jika anda makan pada saat jam menunjukkan lebih dari pukul tujuh malam, kalori yang anda dapatkan dari makanan yang anda konsumsi pastinya akan menumpuk dalam tubuh anda.

Hal ini dapat terjadi, sebab sebelum pukul tujuh malam anda mungkin masih melakukan beberapa kegiatan sehingga kalori yang anda dapatkan akan lebih mudah dibakar. Namun, jika anda makan pada pukul tujuh lebih, anda sudah tak melakukan kegiatan yang memerlukan banyak energi, itulah sebabnya, mengapa kalori tersebut akan menumpuk pada tubuh anda. Kalori yang semakin lama semakin menumpuk akan menambah berat badan anda, sehingga anda akan dengan mudah terkena obesitas.

  • Diabetes

Mengurut dari penjelasan sebelumnya, bahwa makan terlalu larut malam dapat menyebabkan obesitas. Jika anda sudah terkena obesitas, maka akan dengan mudah pula penyakit diabetes membayangi atau bahkan menyerang tubuh anda. penyakit diabetes bukan penyakit kecil yang tak beresiko, penyakit diabetes dapat menyebabkan anda meninggal dunia. Oleh sebab itu, peliharalah tubuh anda dengan mengatur waktu makan dan tidak makan terlalu larut malam.

  • Mengganggu Pencernaan

Anda pasti pernah mendengar jika kemampuan kerja lambung akan berkurang saat anda tertidur. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terganggunya pencernaan anda.

Kebanyakan orang akan merasa mengantuk setelah mereka menyantap makanan mereka. Kebiasan tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Jika anda melakukannya, tentunya saat bangun tidur, perut anda akan terasa penuh dan kembung karena pencernaan anda terganggu saat anda tertidur. Jadi benar, jika makan pada larut malam akan mengganggu pencernaan anda.

  • Mengganggu Kulitas Tidur

Lagi-lagi, masalah kualitas tidur anda akan terjadi apabila anda melakukan hal yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Dengan makan pada larut malam dan langsung tertidur, sudah pasti akan membuat kualitas tidur anda terganggu. Pasalnya, lambung yang seharusnya beristirahat, malah bekerja untuk mencerna makanan yang anda makan sebelum tidur. Aktivitas lambung tersebut akan memengaruhi kualitas tidur anda.

  • Serangan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ yang paling penting dalam hidup anda, bukan? Masalah yang mungkin terjadi pada jantung anda tentunya membuat hidup anda akan terancam. Ternyata makan pada larut malam juga dapat menyebabkan serangan jantung, lho. Sangat berbahaya, bukan? Serangan jantung dapat terjadi pada berbagai kalangan usia, dan serangan jantung bukanlah suatu penyakit yang memiliki tanda-tanda, serangan jantung bisa terjadi kapan saja. Untuk menghindari hal semacam ini, lebih baik hentikan kebiasaan makan pada larut malam.

Jadi mulai sekarang sebaiknya tinggalkan kebiasaan makan di malam hari, terutama makan makanan berat. Sudah banyak artikel kesehatan yang mengungkapkan dampak buruknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *